Rabu, 16 November 2011

Contoh Laporan Pelaksanaan Praktik Program Kegiatan Kepemudaan

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi sekarang ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat pesat. Kemajuan tersebut terutama dalam bidang komputer. Kemampuan menggunakan komputer sangat diperlukan dalam pekerjaan kehidupan sehari-hari.
Di kalangan pemuda sendiri khususnya, kebutuhan akan kemampuan menggunakan komputer sangat terasa untuk menambah pengetahuan. Kemampuan tersebut tidak hanya mengenal komputer secara global, melainkan juga dituntut mampu mengoperasikan komputer.
Keterbatasan kemampuan biaya untuk mengimbangi kemauan yang ada untuk belajar komputer (kursus) yang berbayar juga menjadi kendala tersendiri. Berdasar hal ini dipandang perlu suatu pelatihan komputer yang diharapkan dapat berguna bagi pemuda, sehingga dapat terbentuk pemuda yang berkualitas yang dapat mengaplikasikan komputer sebagai salah satu bekal mencari pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat komputer.
A.     Latar Belakang
Latar belakang diadakannya kegiatan pelatihan komputer yang melibatkan para pemuda Karang Taruna ........................... adalah :
1.      Bahwa mahasiswa .............................. mendapatkan mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan dimana dalam proses evaluasi atau penilaian akhir perkuliahan dilaksanakan dengan ujian teori dalam bentuk ............................
2.     Dalam mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan terdapat kegiatan praktik, salah satunya program pembinaan kepemudaan.
3.   Setelah dilakukan identifikasi minat ternyata sebagian besar anggota ........................... menghendaki adanya pelatihan komputer.
4.      Memberikan bekal kepada pemuda untuk memasuki dunia kerja dengan keterampilan praktis.

B.     Tujuan
Tujuan dilaksananya kegiatan Pembinaan Kepemudaan dalam bentuk pelatihan ini adalah:
1.      Warga belajar mempunyai pengetahuan tentang keterampilan praktis yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan atau masyarakat.
2.     Memberikan bekal kepada pemuda untuk memasuki dunia kerja dengan keterampilan praktis yang dimilikinya.

BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

A.           Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Berdasar musyawarah bersama dengan warga belajar (peserta pelatihan) yang dibina, sebagai tempat pelaksanaan pelatihan bertempat di ..........................., dengan pertimbangan ........................... terdapat perangkat komputer dan warga belajar berdomisili di lingkungan ............................
Kegitan dilaksanakan enam kali pertemuan setiap hari ........................... sampai dengan ........................... setiap pukul 14.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB.

B.      Materi Pelatihan
Materi pelatihan ini meliputi:
1.      Teori
a.  Teori pengenalan perangkat komputer.
b. Teori Office Word
c. Teori Office Excel
d. ICT 
2. Sumber materi diperoleh dari internet, sebagaimana tertulis di bawah ini.
3.      Praktik dari teori sebagaimana tersebut di atas dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan.


BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A.     Temuan Hasil Proses
Selama dalam proses kegiatan pelaksanaan pelatihan yang dijalankan ditemukan beberapa temuan yang berhubungan dengan warga binaan, antara lain:
1.     Latar pendidikan yang tidak sama, sehingga untuk memahami istilah-istilah komputer sangat heterogen.
2.      Ada warga binaan yang sudah pernah mendapatkan pelajaran komputer.
3.      Warga binaan belum seluruhnya memiliki perangkat komputer.
4.      Minat dan kemauan warga binaan sangat besar untuk bisa mengoperasikan komputer.
5.      Warga binaan merasa sangat mendapatkan manfaat dengan adanya pelatihan ini.

B.     Temuan Hasil Evaluasi Praktik
Dari kegiatan yang dijalankan warga binaan secara umum sudah menunjukkan hasil yang baik, meskipun sebagian merasa pelatihan hal baru tetapi karena warga binaan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar komputer apalagi bagi warga binaan yang masih mengikuti pendidikan di SLTP maupun SLTA sangat bermanfaat, bahkan ada keiinginan warga binaan bukan hanya pelatihan program word dan excel saja tetapi juga bentuk program yang lain.
C.      Pembahasan
Untuk mengatasi temuan yang ada, kami melakukan berbagai cara yang dapat dijadikan bahan pemecahan masalah yang timbul dari kegiatan pelatihan yang kami selengarakan, diantaranya:
  1. Lebih mengutamakan kegiatan praktik daripada teori.
  2. Mahasiswa menyediakan perangkat komputer berbanding 1 : 2
  3. Pelatihan berkesinambungan, tidak hanya pada saat sekarang saja tetapi tetap membuka kesempatan kepada warga binaan untuk tetap berlatih.
  4. Menyarankan dan mengarahkan pada warga binaan untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut pada LPTK sehingga warga binaan memiliki sertifikat keahlian.

D.     Gambaran Keaktifan Peserta
Dari kegiatan yang telah dijadwalkan dapat dilihat warga binaan dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sangat aktif bahkan sampai pemuda yang tidak masuk dalam kelompok warga binaan memberikan respon yang sangat baik.

BAB IV
PENUTUP

A.      Simpulan
Dari kegiatan yang telah kami laksanakan, dapat kami simpulkan beberapa hal yang baik untuk mahasiswa sebagai pembina maupun warga belajar sebagai sasaran binaan yaitu:
  1. Mahasiswa dapat belajar, bersosialisasi dan berpartisipasi dengan masyarakat secara langsung.
  2. Warga binaan dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan secara baik.
  3. Kegiatan ini dapat menjadi motivasi generasi muda sekitar untuk mengikuti kegiatan ini.
  4. Warga binaan memiliki keterampilan praktis ini yang dapat menjadi bekal memasuki dunia kerja.

B.     Saran
Agar kemampuan warga binaan dapat selalu berkembang kemampuan dan dapat memasuki dunia kerja, warga belajar perlu mengikuti kegiatan lanjut pelatihan atau kursus melalui LPTK.
C.    Tindak Lanjut
Untuk menindaklanjuti kegiatan ini terutama bagi warga binaan yang tidak memiliki kemampuan finasial, kami melakukan pembinaan lebih lanjut dengan pelatihan sekali dalam seminggu.

0 komentar: