Senin, 28 November 2011

NHTPembelajaran Metode NHT

 a.       Pengertian Pembelajaran Metode NHT Numbered Heads Together merupakan tipe dari model pengajaran kooperatif pendekatan struktural, adalah suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Spancer Kagen (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut, (Ibrahim dkk, 2000:28). Menurut Anita Lie (2002:59) pengertian Numbered Heads Together (NHT) atau kepala bernomor adalah suatu tipe dari pengajaran kooperatif pendekatan struktural yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide -ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu Numbered Heads Together juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. Model ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan peserta didik. Satu aspek penting dalam pengajaran kooperatif adalah bahwa di samping pengajaran kooperatif membantu mengembangkan tingkah laku kooperatif dan hubungan yang lebih baik diantara siswa, pengajaran kooperatif secara bersamaan membantu siswa dalam pengajaran akademis mereka. Slavin dalam penelitiannya mengemukakan “bahwa hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tehnik - tehnik pengajaran kooperatif lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar“, (Ibrahim dkk, 2000:16). Sehingga model pengajaran kooperatif sangat baik digunakan untuk siswa yang berkemampuan rendah, sedang, maupun tinggi. Peranan metode Numbered Heads Together dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:[1] 1)        Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas 2)        Menempatkan siswa secara heterogen dalam kelompok-kelompok kecil 3)        Menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa, baik tugas individu maupun kelompok 4)        Memantau kerja kelompok 5)        Mengevaluasi hasil belajar  b.      Langkah-langkah Pembelajaran NHT Menurut Ibrahim dkk (2002:28), untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran Numbered Heads Together guru menggunakan empat langkah, empat langkah tersebut adalah sebagai berikut : 1)      Penomoran Guru membagi siswa ke dalam kelompok dengan jumlah anggota 4 sampai 5 siswa dan kepada setiap anggota kelompok tersebut, diberi nomor antara  4 sampai dengan 5. 2)      Mengajukan pertanyaan Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa, pertanyaan tersebut dapat bervariasi atau spesifik. 3)        Berfikir bersamaan Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan setiap anggota dalam kelompoknya mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. 4)      Menjawab Guru memanggil siswa dengan nomor tertentu, kemudian siswa yang merasa nomornya dipanggil mengacungkan jari dan mencoba menjawab pertanyaan tersebut untuk seluruh kelas.  c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode NHT Adapun kelebihan-kelebihan metode NHT adalah : 1)        Memberi Motivasi Menurut Woodworth dan Marques (2000) motivasi adalah suatu tujuan jiwa yang mendorong individu untuk aktivitas-aktivitas tertentu dan tujuan-tujuan tertentu terhadap situasi disekitarnya. Segala sesuatu yang baru dan segala perubahan dapat menumbuhkan motivasi. Begitu juga dengan metode NHT, dengan pemberian

0 komentar: